Barcelona 4-1 Malaga, Madrid Juara Liga

Thursday, May 3, 2012



Barcelona berhasil memangkas jarak dengan Real Madrid menjadi 4 poin usai menghantam Malaga 4-1 pada laga kandangnya. Lionel Messi sekali lagi jadi bintang Barca lewat tiga gol yang diciptakannya.

Dalam pertandingan yang digelar di Camp Nou, Kamis (3/5/2012) dinihari WIB, Barca membuka golnya lewat El Capitano Carles Puyol. Meski Malaga sempat menyamakan skor melalui Salomon Rondon, penalti Messi membawa tim tuan rumah unggul 2-1 hingga berakhirnya babak pertama.

Di 45 menit yang kedua, Messi lagi-lagi jadi pemain yang paling ditakuti bek Malaga. Penyerang asal Argentina itu sukses menambah dua gol lagi.

Kemenangan ini membuat Barca mengoleksi 87 poin dari 36 pertandingan. Mereka tertinggal empat poin dari Real Madrid, yang baru akan bermain beberapa saat lagi di markas Athletic Bilbao. Malaga di urutan keempat dengan 55 poin.

Jalannya Pertandingan:

Barcelona langsung menguasai permainan dengan gaya serangan tiki-takanya. Namun, Barca mendapat serangan balik di menit ke-10 dan pemain Malaga pun harus dijatuhkan sedikit di luar kotak penalti.

Tendangan bebas dilakukan oleh pemain Malaga dan nyaris membuahkan gol karena tendangannya diselamatkan oleh mistar gawang Barca yang dikawal oleh Pinto pada pertandingan ini. Barca kembali menyerang dan mencoba menguasai permainan kembali.

Dani Alves member umpan lambung ke jantung pertahanan Malaga, namun sayang tidak ada orang di sana, bek Malaga langsung membuang bola namun kembali dapat oleh pemain Barca.

Messi membawa bola kdepan kembali namun bolanya dapat dihalau oleh pemain belakang Malaga dan menghasilkan tendangan penjuru pertama bagi FC Barcelona.

Corner diambil oleh Messi yang member oporan pendek kepada Iniesta yang mendekat dan Don Andres pun memberikan umpan silang ke tengah pertahanan Malaga, Sang El Capitano Puyol pun langsung menyambut umpan dari Iniesta dengan sontekannya ke gawang Carlos Kameni, kiper Malaga. 1-0 keunggulan Barca.

Sesaat setelah pertandingan kembali Barca mendapat tendangan penjuru, kali ini langsung dapat oleh kiper Malaga. Bola kembali dikuasai para pemain Barca di daerah tengah. Dimenit 17 Malaga mencoba menyerang, namun usahanya dibatalkan oleh Puyol.

Berselang satu menit, Barca kembali menyerang melalui umpan ke kotak penalti lawan dari Alves hampir saja membuat gol kedua, bola lepas ditendang oleh Adriano namun masih bisa ditepis kiper Malaga.

Menit ke-19 Pedro mendapat peluang, namun tendangan jauh ke tribun penonton. Petaka menghampiri Barca dimenit 25, umpan dari kiri daerah pertahanan Barca langsung disambut dengan heading menyilang Rondon, 1-1 kedudukan sementara.

Barca kembali mencoba untuk menguasai permainan pasca gol Malaga. Dimenit 28 terlihat Alexis Sanchez duduk di bangku penonton yang tidak main dikarenakan cedera.

Beberapa kali Barca mencoba menekan dengan melakukan umpan-umpan dari luar kotak penalti melalui kaki Dani Alves ke tengah pertahanan Malaga, namun usahanya selalu gagal karena halauan dari bek Malaga.

Pada menit ke-30, tending bebas bagi Barcelona namun langsung didapat oleh pemain Malaga karena salah oporan.

Di menit ke-33 penalti untuk Barca, karena Iniesta dijatuhkan di kotak terlarang tersebut. Penalti pertama Messi usai penalti sebelumnya gagal dieksekusi menjadi gol saat melawan Chelsea di leg 2 semmifinal Liga Champions. Dan kali ini benar-benar dimanfaatkan oleh Messi dengan melalui tendangan datarnya ke gawang Malaga, 2-1 untuk keunggulan Barca.

Satu menit berselang, corner kick untuk Malaga dan bisa ditepis dengan baik oleh Pinto. Terlihat Dani Alves yang melakukan umpan-umpan lambung yang begitu tidak efektif dan gagal kembali. Menit ke-41, serangan balik Barcelona oleh Issac Cuenca langsung member umpan terobosan kepada Messi, sayang Messi telah dahulu terperangkap posisi offside.

Satu menit kemudian, tendangan keras pemain Malaga yang didapat dari kesalahan Pinto mebuang bola di depan gawang barca, bisa dihalau dengan baik oleh Cesc Fabregas. Di menit ke-43, corner kick untuk kesebelasan Barcelona.

Messi mengambil tendangan penjuru tersebut dengan umpan ke tengah gawang Malaga, langsung dikopen oleh puyol namun pelanggaran terlebih dahulu dilakukan Puyol kepada bek Malaga. Hingga peluit babak pertama berakhir, kedudukan 2-1 untuk keunggulan Barca pun tidak berubah.

Usai istirahat babak pertama, stamina para pemain kembali naik dan buktinya Barca langsung menyerang di awal babak kedua dengan umpan pemain tengah Barca kepada Dani Alves yang di kanan penyerangan Barca. Alves tidak lama memegang bola dan umpan lagi ke tengah pertahanan Malaga, sayang tidak ada yang menyambut umpannya.

Pada menit ke-49, Dani Alves memberikan umpan lambung kepada Fabregas yang di depan gawang Malaga, namunn Cesc telah dahulu terperangkap posisi offside.

Di menit ke-51, Malaga mendapat tendangan bebas usai pemain Barca menjatuhkan pemain Malaga, namun Malaga hanya membuang peluang begitu saja. Satu menit berselang, tendangan kaki kiri Messi masih bisa ditepis para pemain belakang Malaga.

Di menit ke-56, serangan balik dari Iniesta kepada Messi, namun messi dilanggar oleh pemain Malaga, kartu kuning untuk Camacho. Tendangas keras messi membentur pagar betis Malaga, corner kick untuk Barcelona.

Menit ke-57, tendangan penjuru bagi Barcelona diambil oleh Messi dan passing pendek kepada Iniesta, umpan lambung kepada Adriano, kembali kepada Messi, sayang Messi ditekel di kotak 12 pass, dan kartu kuning kepada Duda, kapten Malaga.

Penalti bagi barca dan lagi-lagi dieksekusi dengan sempurna oleh La Pulga, Messi, 3-1 untuk keunggulan Barca. Menit ke-60, dua pergantian pemain bagi Malaga, keluar Diego Buonanotte masuk Sebastián Fernández Miglierina dan keluar Rondón masuk Ruud Van Nistelrooy.

Satu menit setelah Van Nistelrooy masuk, ia langsung membuat peluang di depan gawang pinto, untung tendangannya masih keatas gawang Pinto. Pada menit ke-63, tendangan keras pemain Malaga, masih bisa ditinju Pinto.

Bola hasil tinjuan Pinto langsung menjadi serangan balik cepat Barca, Iniesta memberikan terobosan kepada Messi yang sendirian dan melewati kiper Malaga, 4-1 keunggulan barca dengan sontekan kaki kiri Messi.

Hattrick Messi pada pertandingan itu yang sekaligus melewati saingan terberatnya, Cristiano Ronaldo dalam merebut gelar elpichichi dengan unggul 3 gol. Dengan hattricknya tersebut, Messi juga membuat rekor baru yaitu melewati rekor Gerd Mueller yang sudah 40 tahun lalu.

Messi resmi menjadi pemain dengan jumlah gol terbanyak dalam semusim. Rekor sebelumnya tercatat atas nama Mueller, yang mencetak 67 gol untuk Bayern Munich pada musim 1972/1973. Pada menit ke-65, persiapan pergantian pemain bagi FCB yaitu Bartra.

Di menit 66, kartu kuning untuk Pedro, menahan pemain Malaga. Menit ke-67, pergantian pemain bagi Barca, keluar El Capitano Puyol masuk Marc Bartra Aregall, ban kapten pun diberikan kepada Iniesta.

Disaat yang bersamaan pergantian pemain juga untuk Malaga keluar Santiago Cazorla González masuk Recio. Di menit ke-74, Iniesta memberi umpan kepada Pedro yang terlalu jauh dan tak terkejar oleh Pedro.

Sesaat sesudah itu, Iniesta pun keluar dan digantikan dengan Ibrahim Afellay, ban kapten pun diberikan kepada Messi. Menit ke-77, tendangan placing dari pemain Malaga masih melebar disamping kiri gawang Pinto.

Empat menit berselang, pelanggaran yang dilakukan Fabregas, kartu kuning. Tendang bebas untuk Malaga, namun bola yang ditendang pendek langsung dapat oleh pemain Barca. Menit ke-83, pergantian pemain untuk Barcelona keluar Pedro masuk Tello.

Pada menit ke-86, terlihat statistic penguasaan bola 68% untuk Barca berbanding 32%. Pada menit 89, sontekan Nistelrooy masih bisa ditepis Pinto.

Menit ke-90+2, spanduk besar bertuliskan ‘GRACIES PEP’ terlihat di Camp Nou. Dan menit ke-93 peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan oleh wasit Javier Turienzo Álvarez‎ yang memimpin pertandingan pada kali ini.

Susunan pemain:

Barcelona: Pinto, Alves, Puyol (Bartra 68′), Mascherano, Adriano, Keita, Cesc, Iniesta (Afellay 76′), Cuenca, Pedro (Tello 84′), Messi

Malaga: Kameni, Gamez, Demichelis, Sergio Sanchez, Eliseu, Portillo, Camacho, Cazorla (Recio 68′), Duda, Buonanotte (Fernandez 61′), Rondon (Van Nistelrooy 61′)

Sumber : http://www.fcbarcelona.web.id/
Share this Article on :

0 comments :

Post a Comment

 

© Copyright Berita Barcelona | Berita Terbaru Barcelona 2011 -2012 | Design by KHF | Published by KHF | Powered by Blogger.com .