Josep Guardiola

Friday, October 7, 2011


Josep Guardiola lahir 18 Januari 1971 di Santpedor, Catalonia Spanyol. Sebelum menjadi pelatih FC Barcelona Dia adalah pemain profesional dengan posisi gelandang bertahan. Josep Guardiola telah menghabiskan karirnya sebagai pemain di Barcelona. Ia menjadi tim impian di bawah pelatih Johan Cruyff, yang membawa Barcelona meraih gelar Eropa untuk pertama kalinya. Guardiola menjadi kapten dalam 4 tahun terakhir dengan Barcelona.

Klub-klub yang pernah dikunjungi
Guardiola antara lain  FC Barcelona, Brescia, Roma, Al-Ahli dan Sinaloa. Sebagai pemain tim nasional Spanyol, ia memulai debutnya pada tanggal 14 Oktober 1992 saat menghadapi Irlandia Utara selama kualifikasi Piala Dunia 1994. Di tim nasional Spanyol, dia bermain 47 kali dan mencetak 5 gol dalam rentang waktu 1992-2001. Dia juga sempat bermain untuk Catalunya selama 7 kali dalam rentang 1995-2005.

Josep Guardiola i Sala sekarang lebih dikenal dengan Pep Guardiola. Dia kembali ke Barcelona yang kini bekerja sebagai manajer klub Catalan. Nama Pep Guardiola mulai melambung saat timnya FC Barcelona berhasil menyelesaikan puasa gelar dengan memenangkan tiga gelar atau treble sekaligus, yaitu La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions 2008/2009.

Selain itu, FC Barcelona juga menjadi tim subur di jajaran antara liga-liga top Eropa dengan lebih atau kurang mencetak 150 gol di semua kompetisi. Guardiola menjadi manajer termuda yang memenangkan Liga Champions. Pada musim berikutnya, Guardiola telah membawa Barcelona memenangkan Piala Super Spanyol melawan Athletic Bilbao dan Piala Super Eropa 2009 melawan Shakhtar Donetsk.






 
Untuk para penggemar Barcelona atau lebih dikenal sebagai Barcelonista, pasti sudah tahu siapa nama pelatih dari klub Catalan, siapa lagi kalau bukan Josep Guardiola. Pelatih dan mantan pemain Barcelona ini bisa dibilang menjadi kunci keberhasilan EL Barca dalam mencapai banyak Trophy .


Share this Article on :

0 comments :

Post a Comment

 

© Copyright Berita Barcelona | Berita Terbaru Barcelona 2011 -2012 | Design by KHF | Published by KHF | Powered by Blogger.com .