Camp Nou

Friday, October 7, 2011

Apa itu Camp Nou?

Camp Nou (Catalan pengucapan: [nɔw kamp], "Lapangan Baru"), yang disebut "Camp Nou" dalam bahasa Inggris, adalah stadion sepak bola di Barcelona, Spanyol. Stadion yang terletak di sebelah barat kota Barcelona ini telah menjadi rumah bagi
FC Barcelona sejak pembangunannya tahun 1957.

Nou Camp memliki kapasitas 99.354 kursi, sehingga Camp Nou menjadi stadion terbesar di Eropa dan terbesar kesebelas di dunia dalam hal kapasitas. Camp Nou telah menyelenggarakan berbagai pertandingan internasional, termasuk dua final Liga Champions, yang terakhir adalah pada tahun 1999. Camp Nou menyandang status bintang lima sampai 2006 oleh
UEFA, ketika sebuah sistem rating baru yang diperkenalkan oleh UEFA.

Nama resminya adalah Stadio del FC Barcelona (Barcelona FC Stadion) sampai tahun 2000, ketika anggota dari klub memilih untuk secara resmi mengadopsi julukan populer dari Camp Nou. Meskipun ditentang oleh presiden klub Sandro Rosell hari ini, FC Barcelona pada awalnya menyetujui penjualan tanah pelatihan mantan merombak Stadion Mini pada ulang tahun ke-50 dan meningkatkan kapasitas untuk 104.000 pada tahun 2007. Rencana itu ditunda karena krisis keuangan dunia.





Konstruksi

Konstruksi Camp Nou dimulai pada tanggal 28 Maret 1954. Meskipun awalnya direncanakan untuk disebut sebuah stadion del FC Barcelona, nama-nama yang lebih populer digunakan adalah Nou Camp. Para Juni 1950 adalah László Kubala, dianggap sebagai salah satu pemain Barcelona yang memberikan dorongan terbesar lebih lanjut untuk pengembangan sebuah stadion besar.

Konstruksi dimulai di Nou Camp 28 Maret 1954. Gubernur Sipil dari Barcelona, Felipe Acedo Colunga memimpin peletakan batu pertama, dengan restu dari Uskup Agung Barcelona, Gregorio Modrego. Konstruksi memerlukan waktu tiga tahun. Stadion ini resmi dibuka pada 24 September 1957. Messiah karya Handel dilakukan pada pembukaan stadion.

Arsitek Camp Nou adalah tim yang terdiri dari Francesc Mitjans, Josep Soteras dan Lorenzo García-Barbon








Camp Nou telah digunakan untuk banyak acara lain selain sepak bola, sering juga digunakan untuk konser besar.

Paus Yohanes Paulus II merayakan misa untuk jemaat lebih dari 121 000 di Nou Camp pada 17 November 1982.
Pada tahun 1983 Julio Iglesias konser didepan 60.000 orang, dan digambarkan sebagai "set paling indah" oleh Bruce Springsteen pada 3 Agustus 1988. Pada tanggal 10 September 1988, sebuah konser amal yang diselenggarakan oleh Amnesti Internasional untuk mendukung fitur hak asasi manusia, antara lain, Bruce Springsteen, Sting, Peter Gabriel, Youssou N'Dour, Tracy Chapman, dan El Ultimo de la Fila. Sebuah konser oleh Tiga-tenor Josep Carreras, Placido Domingo, dan Luciano Pavarotti-diadakan pada tanggal 13 Juli 1997.







Pada 1 Juli 2009 Camp Nou mengadakan peluncuran 360 ° Tur U2, yang hadir dengan kapasitas maksimum 90.000 orang. Penyanyi utama U2, Bono, menjelaskan bahwa mereka telah memulai tur mereka di Nou Camp karena "Camp Nou adalah di mana kita ingin membangun sebuah stasiun ruang angkasa, yang dirancang oleh Gaudi di ibukota surealisme" Konser berakhir dengan Bono mengenakan jersey FC Barcelona .
Pada tanggal 9 Agustus 1988, Michael Jackson melakukakn konser di depan 95.000 penggemar selama Bad World Tour-nya.


Pada bulan September 2010 dua publikasi Prancis melaporkan bahwa Nou Camp akan menjadi tuan rumah pertandingan kandang raksasa rugby Prancis Perpignan melawan Amerika Serikat rugby, klub dari Utara Catalonia dengan pengikut terbesar dari Catalan di Spanyol.
Share this Article on :

0 comments :

Post a Comment

 

© Copyright Berita Barcelona | Berita Terbaru Barcelona 2011 -2012 | Design by KHF | Published by KHF | Powered by Blogger.com .